Rabu, 01 Januari 2014

Metode Team Work Horey



Metode Team Work  Horey adalah suatu cara menyajikan bahan pelajaran dengan menyuruh siswa (setelah dikelompok-kelompokkan)mengerjakan tugas tertentu untuk mencapai tujuan pengajaran. Mereka bekerjasama dalam memecahkan masalah atau melaksanakan tugas, dan dilanjutkan dengan penyampaian hasil diskusi dan penyebutan kalimat “Horey” ketika hasil diskusi maksimal.
Metode team work ini mengacu pada metode kerja kelompok yang dikemukakan Hamdani dalam bukunya Strategi Belajar Mengajar. Menurut Hamdani (2011: 264) metode kerja kelompok adalah  cara menyajikan pelajaran dengan membuat siswa berkelompok dalam memcahkan masalah.
Kelebihan metode Team Work Horey

  • Para siswa lebih aktif tergabung dalam pelajaran mereka 
  • Guru lebih memperhatikan kemampuan para siswa 
  • Memberikan kesempatan kepada para siswa untuk lebih menggunakan ketrampilan bertanya dalam membahas suatu masalah 
  • Mengembangkat bakat kepemimpinan para siswa serta mengajarkan ketrampilan berdiskusi.
  • Meningkatkan keantusiasan siswa dalam pembelajaran

Model Pembelajarann Critical Incident (Pengalaman Penting)



Pengertian : strategi ini baik digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran. Tujuan ini penggunaan strategi ini adalah melibatkan peserta didik sejak awal dengan melihat pengalaman mereka, strategi ini dapat digunakan untuk memaksimalkan pelajaran siswa yang bersifat praktis.

Langkah-Langkah :

  1.  Sampaikan kepada peserta didik topik atau materi yang akan dipelajari dalam pertemuan ini. 
  2. Beri kesempatan beberapa menit kepada peserta didik untuk mengingat-ingat pengalaman mereka yang tidak terlupakan berkaitan dengan materi yang ada. 
  3. Tanyakan pengalaman apa yang menurut mereka tidak terlupakan.
  4.  Sampaikan materi dengan mengaitkan pengalaman-pengalaman peserta didik dengan materi yang hendak disampaikan.


Daftar Pustaka
Zaini, Hisyam. Bermawy Munthe. Sekar Ayu Aryani. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD (Center for Teaching Staff Development).

Model Pembelajaran Peer Lessons (Belajar dari Teman)


Pengertian : strategi ini baik digunakan untuk menggairahkan kemauan peserta didik untuk mengajarkan materi kepada temannya. Jika selama ini ada pameo yang mengatakan bahwa metode belajar yang paling baik adalah dengan mengajarkan kepada orang lain, maka strategi ini akan sangat membantu peserta didik di dalam mengajarkna materi kepada teman-teman sekelas.

Langkah-Langkah :
1.        Bagi peserta didik menjadi kelompok-kelompok kecil sebanyak segmen materi yang akan anda sampaikan.
2.        Masing-masing kelompok kecil diberi tugas untuk mempelajari satu topik materi, kemudian mengajarkannya kepada kelompok lain. Topik-topik yang diberikan harus saling berhubungan.
3.        Minta setiap kelompok menyiapkan strategi untuk menyampaikan materi kepada teman-teman sekelas. Sarankan kepada mereka untuk tidak menggunakan metode ceramah atau seperti membaca laporan.
4.        Buat beberapa saran, seperti :
         Menggunakan alat bantu visual
         Menyiapkan media pengajaran yang diperlukan
         Menggunakan contoh-contoh yang relevan
         Melibatkan sesama peserta didik dalam proses pembelajaran melalui diskusi, permainan, kuis, studi kasus dll
         Memberi kesempatan kepada yang lain untuk bertanya
5.        Beri merka waktu yang cukup untuk persiapan, baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
6.        Setiap kelompok menyampaikan materi sesuai tugas yang telah diberikan.
7.        Setelah semua kelompok melaksanakan tugas, beri kesimpulan dan klarifikasi sekiranya ada yang perlu diluruskan dari pemahaman peserta didik.

Daftar Pustaka
Zaini, Hisyam. Bermawy Munthe. Sekar Ayu Aryani. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD (Center for Teaching Staff Development).