Sabtu, 14 April 2012

DAMPAK PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KEBERHASILAN AKADEMIK


Lisdiana Kurniasih (Mahasiswi IKIP PGRI Semarang, Angkatan 2009)

Add caption

Apa dampak pendidikan karakter terhadap keberhasilan akademik? beberapa penelitian bermunculan untuk menjawab pertanyaan itu. Ringkasan dari beberapa penemuan penting mengenai hal tersebut yang diterbitkan sebuah buletin, Character Educator, yang diterbitkan oleh Character Education Patrnership.
Dalam buletin tersebut siuraikan yang merupakan hasil studi dari Dr. Marvin Berkowitz dari University of Missouri-St.Louis menunjukkan peningkatan motivasi belajar dalam meraih prestasi akademik pada sekolah-sekolah yang menerapkan pendidikan karakter. Kelas-kelas yang secara komprehensif terlibat dalam pendidikan karakter menunjukkan penurunan drastis pada perilaku negatid siswa yang dapat menghambat keberhasilan akademik.
Pendidikan karakter adalan pendidikan budi pekerti plus, yaitu yang melibatkan aspek teori pengetahuan (Cognitive), perasaan (Feelling), dan tindakan (Action). Menurut Thomas Lickona, tanpa ketiga aspek tersebut, maka pendidikan karakter tidak akan efektif dan pelaksanaannya pun harus dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan.
Dengan pendidikan karakter, seorang anak akan menjdasi cerdas emosinya. Kecerdasan emosi adalah bekal terpenting dalam mempersiapkan anak menyongsong masa depan. Dengan kecerdasan emosional seseorang akan dapat berhasil dalam menghadapi segala macam tantangan, termasuk tantangan untuk berhasil secara akademis.
Buku berjudul Emotional Intellegent and School Succes (Joseph Zins, et.al, 2001) mengompilasikan berbagai hasil penelitian tentang pengaruh positif kecerdasan emosional anak terhadap keberhasilan di sekolah. Dikatakan ada sederet faktor-faktor penyebab kegagalan anak di sekolah, diantaranya ternyata bukan terletak pada kecerdasan otak tetapi pada karakter, yaitu rasa percaya diri, kemampuan bekerja sama, kemampuan bergaul, kemampuan berkosentrasi, rasa empati, dan kemampuan berkomunikasi.

Sumber Rujukan :
Muslich, Masnur. 2010. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta : Bumi Aksara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar