Sabtu, 14 April 2012

FAKTOR KEBERHASILAN MERAIH PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK


Lisdiana Kurniasih (Mahasiswi IKIP PGRI Semarang, Angkatan 2009)

Menurut Muhibbin Syah, (2006:144) mengemukakan bahwa secara global, faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar dapat dibedakan menjadi tiga macam, yakni :
a)             Faktor Internal (faktor dari dalam siswa) yakni keadaan/kondisi diri jasmani dan rohani siswa meliputi dua aspek yaitu :
1)             Aspek Fisiologis
Kondisi umum jasmani dan tonus (tegangan otot) yang menandai tingkat kebugaran organ-organ tubuh dan sendi-sendinya, dapat mempengaruhi semangat dan intensitas siswa dalam mengikuti pelajaran.
2)             Aspek Psikologis
Banyak faktor yang termasuk aspek psikologis yang dapat mempengaruhi kuantitas dan kualitas perolehan belajar siswa. Namun, diantara faktor-faktor rohanilah siswa yang pada umumnya dipandang lebih esensial itu adalah sebagai berikut : tingkat keceradasa/intelegensi siswa, sikap siswa, bakat siswa, minat siswa , dan motivasi siswa.
b)             Faktor Eksternal (faktor dari luar siswa) yakni kondisi lingkungan di sekitar siswa. Seperti halnya faktor internal, faktor eksternal juga terdiri atas dua macam :
1)             Lingkungan Sosial
Lingkungan sosial yang dimaksudkan disini ada beberapa diantaranya yaitu sekolah, masyarakat dan tetangga, dan lingkungan keluarga.
2)             Lingkungan Nonsosial
Faktor-faktor yang termasuk lingkungan nonsosial ialah gedung sekolah dan letaknya, rumah tempat tinggal keluarga siswa dan letaknya, alat-alat belajar, keadaan cuaca, dan waktu belajar yang digunakan siswa. Faktor-faktor ini dipandang turut menentukan tingkat keberhasilan belajar siswa.


c)             Faktor Pendekatan Belajar (approach to learning), yakni jenis upaya belajar siswa yang meliputi strategi dan metode yang digunakan siswa untuk melakukan kegiatan mempelajari materi-materi pelajaran .Segala cara atau strategi yang digunakan siswa dalam menunjang keefektifan dan efisiensi proses mempelajari materi tertentu. Strategi yang dimaksudkan berupa seperangkat langkah operasional yang direkayasa sedemikian rupa untuk memecahkan masalah atau mencapai tujuan belajar tertentu, Muhibbin Syah (Lawson, 1991)

Sumber Rujukan :
Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar