Lisdiana
Kurniasih (Mahasiswi IKIP PGRI Semarang, Angkatan 2009)
Menurut
Muhibbin Syah, (2006:144) mengemukakan bahwa secara global,
faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar dapat dibedakan menjadi tiga
macam, yakni :
a)
Faktor
Internal (faktor dari dalam siswa) yakni keadaan/kondisi
diri jasmani dan rohani siswa meliputi dua aspek yaitu :
1)
Aspek Fisiologis
Kondisi umum jasmani dan tonus
(tegangan otot) yang menandai tingkat kebugaran organ-organ tubuh dan
sendi-sendinya, dapat mempengaruhi semangat dan intensitas siswa dalam
mengikuti pelajaran.
2)
Aspek Psikologis
Banyak faktor yang termasuk aspek
psikologis yang dapat mempengaruhi kuantitas dan kualitas perolehan belajar
siswa. Namun, diantara faktor-faktor rohanilah siswa yang pada umumnya
dipandang lebih esensial itu adalah sebagai berikut : tingkat
keceradasa/intelegensi siswa, sikap siswa, bakat siswa, minat siswa , dan
motivasi siswa.
b)
Faktor
Eksternal (faktor dari luar siswa) yakni kondisi lingkungan
di sekitar siswa. Seperti halnya faktor internal, faktor eksternal juga terdiri
atas dua macam :
1)
Lingkungan Sosial
Lingkungan sosial yang dimaksudkan
disini ada beberapa diantaranya yaitu sekolah, masyarakat dan tetangga, dan
lingkungan keluarga.
2)
Lingkungan Nonsosial
Faktor-faktor yang termasuk
lingkungan nonsosial ialah gedung sekolah dan letaknya, rumah tempat tinggal
keluarga siswa dan letaknya, alat-alat belajar, keadaan cuaca, dan waktu
belajar yang digunakan siswa. Faktor-faktor ini dipandang turut menentukan
tingkat keberhasilan belajar siswa.
c)
Faktor
Pendekatan Belajar (approach
to learning), yakni jenis upaya belajar siswa yang meliputi strategi dan
metode yang digunakan siswa untuk melakukan kegiatan mempelajari materi-materi
pelajaran .Segala cara atau strategi yang digunakan siswa dalam menunjang
keefektifan dan efisiensi proses mempelajari materi tertentu. Strategi yang
dimaksudkan berupa seperangkat langkah operasional yang direkayasa sedemikian
rupa untuk memecahkan masalah atau mencapai tujuan belajar tertentu, Muhibbin Syah (Lawson, 1991)
Sumber
Rujukan :
Syah, Muhibbin.
2006. Psikologi Belajar. Jakarta: PT.
Raja Grafindo Persada
Tidak ada komentar:
Posting Komentar