Lisdiana Kurniasih (Mahasiswi IKIP PGRI Semarang,
Angkatan 2009)
Dalam kamus besar
bahasa Indonesia, secara etimologis belajar memiliki arti “berusaha memperoleh
kepandaian atau ilmu”. Definisi ini memiliki pengertian bahwa belajar adalah
sebuah kegiatan untuk mencapai kepandaian atau ilmu.
Baharuddin,
(2007:11) menyatakan bahwa belajar merupakan proses manusia
untuk mencapai berbagai macam kompetensi, ketampilan, dan sikap. Belajar ini
merupakan aktivitas yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan perubahan dalam
dirinya melalui pelatihan-pelatihan atau pengalaman-pengalaman.
Pendapat diatas
merupakan definisi etimologis, maka diperlukan pula definisi belajar secara
terminologis. Menurut Cronbach
(Baharuddin: 2007) bahwa “Learning is
shown by change in behavior as result of experince” diartikan bahwa belajar
yang terbaik adalah melalui pengalaman. Dengan pengalaman tersebut pelajar
menggunakan seluruh pancaindranya. Pendapat lainnya mneurut Woolfolk
(Baharuddin:2007) juga menyatakan bahwa “Learning
occurs when experience causes a relatively permanent change in an individual’s
knowledge or behavior” diartikan bahwa disengaja atau tidak perubahan yang
terjadi melalui proses belajar ini bisa ke arah yang lebih baik atau malah
sebaliknya, ke arah yang salah. Yang jelas, kualitas belajar seseorang
ditentukan oleh pengalaman-pengalaman yang diperolehnya saat berinteraksi
dengan lingkungan sekitarnya.
Menurut
Syaiful Bahri Djamaramah, (2006) menyatakan bahwa
belajar adalah proses perubahan peilaku berkat pengalaman dan latihan. Artinya
tujuan belajar adanya perubahan tingkah laku, baik menyangkut pengetahuan,
ketrampilan maupun sikap dan bahkan meliputi segenap aspek organisme atau
pribadi.
Belajar sebagai
kegiatan manusia membangun atau menciptakan pengetahuan dengan cara mencoba
memberi makna pada pengetahuan sesuai pengalaman. Pengalaman itu bersifat tentatif
dan tidak lengkap, Nurhadi
(Baharuddin:2007)
Berdasarkan pendapat
para ahli diatas, maka dapatlah disimpulkan bahwa belajar merupakan proses
untuk memperoleh kepandaian ataupun ilmu untuk mengembangkan ketrampilan dan
kompetensi diri sebagai bentuk perubahan tingkah laku melalui latihan,
berdasarkan pengalaman yang telah diterimanya dari berinteraksi.
Sumber
Referensi :
Baharuddin. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruz Media
Bahri Djamaramah, Syaiful. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:
Rineka Cipta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar