Minggu, 22 April 2012

Hakekat Belajar bagi Seorang Siswa


Lisdiana Kurniasih (Mahasiswi IKIP PGRI Semarang, Angkatan 2009)

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, secara etimologis belajar memiliki arti “berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu”. Definisi ini memiliki pengertian bahwa belajar adalah sebuah kegiatan untuk mencapai kepandaian atau ilmu.

Baharuddin, (2007:11) menyatakan bahwa belajar merupakan proses manusia untuk mencapai berbagai macam kompetensi, ketampilan, dan sikap. Belajar ini merupakan aktivitas yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan perubahan dalam dirinya melalui pelatihan-pelatihan atau pengalaman-pengalaman.

Pendapat diatas merupakan definisi etimologis, maka diperlukan pula definisi belajar secara terminologis. Menurut Cronbach (Baharuddin: 2007) bahwa “Learning is shown by change in behavior as result of experince” diartikan bahwa belajar yang terbaik adalah melalui pengalaman. Dengan pengalaman tersebut pelajar menggunakan seluruh pancaindranya. Pendapat lainnya mneurut Woolfolk (Baharuddin:2007) juga menyatakan bahwa “Learning occurs when experience causes a relatively permanent change in an individual’s knowledge or behavior” diartikan bahwa disengaja atau tidak perubahan yang terjadi melalui proses belajar ini bisa ke arah yang lebih baik atau malah sebaliknya, ke arah yang salah. Yang jelas, kualitas belajar seseorang ditentukan oleh pengalaman-pengalaman yang diperolehnya saat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Menurut Syaiful Bahri Djamaramah, (2006) menyatakan bahwa belajar adalah proses perubahan peilaku berkat pengalaman dan latihan. Artinya tujuan belajar adanya perubahan tingkah laku, baik menyangkut pengetahuan, ketrampilan maupun sikap dan bahkan meliputi segenap aspek organisme atau pribadi.

Belajar sebagai kegiatan manusia membangun atau menciptakan pengetahuan dengan cara mencoba memberi makna pada pengetahuan sesuai pengalaman. Pengalaman itu bersifat tentatif dan tidak lengkap, Nurhadi (Baharuddin:2007)

Berdasarkan pendapat para ahli diatas, maka dapatlah disimpulkan bahwa belajar merupakan proses untuk memperoleh kepandaian ataupun ilmu untuk mengembangkan ketrampilan dan kompetensi diri sebagai bentuk perubahan tingkah laku melalui latihan, berdasarkan pengalaman yang telah diterimanya dari berinteraksi.

Sumber Referensi :
Baharuddin. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruz Media
Bahri Djamaramah, Syaiful. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar