Senin, 07 Januari 2013

Contoh Jenis Penelitian Kuantitatif


Medan Jus (Media Pembelajaran Jenis Usaha) sebagai alternatif media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas dan hasil belajar siswa kelas V semester I

Susi Asmorowati, Atik Athifah, Lisdiana Kurniasih
Mahasiswa PGSD IKIP PGRI Semarang

Abstrak :
Pembelajaran IPS merupakan pembelajaran yang berkaitan dengan beberapa konsep sosial kehidupan yang berkembang di lingkungan masyarakat sekitar. Konsep sosial pengajaran IPS di dalam proses pembelajaran sering dilakukan secara abstrak atau pembelajaran dilakukan secara hafalan dan sering menuntut siswa untuk berangan-angan menggunakan imajinasinya. Realita yang terjadi dilapangan bahwa para guru masih jarang yang menggunakan media untuk mengajarkan pembelajaran IPS. Karena materi IPS kebanyakan hanyalah bersifat hafalan sehingga untuk penggunaan media pembelajaran masih dirasa susah.terkait dengan itu, maka terciptalah Medan Jus yang dapat digunakan guru sebagai alternatif media pada saat pembelajaran.
            Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan observasi. Metode tes untuk mengukur peningkatan hasil belajar yang didapatkan dari hasil pre test dan post test siswa. Pre test dan post test diberikan saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Serta metode observasi untuk mengetahui kualitas belajar siswa saat melakukan  kegiatan secara individu maupun secara kelompok.
Penelitian yang telah dihitung dengan menggunakan t-test diperoleh thitung = 2,518, hasil tersebut tersebut kemudian dikonsultasikan dengan . Untuk  dengan N=32 maka diperoleh ttabel= 2,042. Karena  yaitu  maka Ho ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan medan Jus dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi IPS.

Kata kunci : Pembelajaran IPS, Medan Jus, Kualitas, Hasil Belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar