Minggu, 06 Januari 2013

Ruang Lingkup Hasil Belajar terhadap Pembelajaran dalam Kelas

Menurut Purwanto (2009:46) hasil belajar adalah pencapaian tujuan pendidikan pada siswa yang mengikuti proses belajar mengajar. Hasil belajar merupakan realisasi tercapainya tujuan pendidikan sehingga hasil belajar yang diukur sangat terukur pada tujuan pendidikannya. Sementara itu (Gagne dalam Dahar, 2006) mengungkapkan lima macam hasil belajar (kemampuan), yakni :
  1. Keterampilan intelektual, merupakan ketrampilan yang ditunjukkan oleh siswa tentang operasi intelektual yang dapat dilakukannya. 
  2. Strategi kognitif, merupakan penampilan yang kompleks terhadap situasi situasi baru, dimana diberikan sedikit bimbingan dalam memilih dan menerapkan aturan dan konsep yang telah dipelajari sebelumnya.
  3. Sikap, merupakan sekumpulan sikap yang ditunjukkan oleh perilaku yang mencerminkan pilihan tindakan terhadap kegiatan. 
  4. Informasi verbal, merupakan pengetahuan verbal yang disimpan sebagai jaringan proposisi-proposisi. 
  5. Keterampilan motorik, merupakan kegiatan motorik yang digabung dengan ketrampilan intelektual sehingga tidak hanya encakup kegiatan fiisik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar