Selasa, 16 April 2013

Contoh Pendahuluan pada Proposal Penelitian


BAB I
PENDAHULUAN
`
A.       Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan atas dasar realitas dan fenomena sosial yang mewujudkan suatu pendekatan interdisipliner dari aspek dan cabang-cabang ilmu sosial (sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, politik, hukum, dan budaya) (Trianto, 2010:171). Pola pembelajaran pendidikan IPS menekankan pada unsur pendidikan dan pembekalan pada siswa, penekanan pembelajarannya bukan hanya sebatas pada upaya menjejali siswa dengan sejumlah konsep yang bersifar hafalan belaka, melainkan terletak pada upaya agar mereka mampu menjadikan apa yang telah dipelajarinya sebagai bekal dalam memahami dan ikut serta dalam melakoni kehidupan masyarakat lingkungannya (Trianto, 2010:174).
Berdasarkan pendapat diatas, pembelajaran IPS merupakan pembelajaran yang berkaitan dengan beberapa konsep sosial kehidupan yang berkembang di lingkungan masyarakat sekitar. Konsep sosial pengajaran IPS di dalam proses pembelajaran sering dilakukan secara abstrak atau pembelajaran dilakukan secara hafalan dan sering menuntut siswa untuk berangan-angan menggunakan imajinasinya. Namun, dengan kondisi yang demikian tidaklah semua siswa dapat memenuhi kriteria kompetensi tersebut. Untuk itulah, diperlukan alat bantu berupa media pembelajaran yang merupakan suatu bentuk inovasi dari pembelajaran dengan harapan dapat membantu siswa untuk memahami materi yang sulit dan menuntut siswa untuk menghafal materi. Selain media mempermudah bagi siswa untuk memahami materi, media pembelajaran juga dapat mempermudah bagi guru dalam proses penyampaian materi pembelajaran yang bersifat abstrak.
Realita yang terjadi dilapangan bahwa para guru masih jarang yang menggunakan media untuk mengajarkan pembelajaran IPS. Karena materi IPS kebanyakan hanyalah bersifat hafalan sehingga untuk penggunaan media pembelajaran masih dirasa susah. Maka dari itu masih banyak guru yang menggunakan model pembelajaran konvensional yang mengesampingkan penggunaan media dalam proses pembelajaran, serta tanpa adanya penggunaan variasi model pembelajaran yang menjadikan media sebagai alat bantu dalam pembelajaran.
Medan Jus (media pembelajaran jenis usaha) sebagai salah satu alternatif inovasi pembelajaran dengan melakukan penggunaan media yang dapat digunakan guru untuk mengajarkan materi jenis usaha bidang ekonomi pada siswa kelas V SD semester I.

B.      Rumusan masalah
Persoalan yang akan kami bahas pada penelitian ini adalah bagaimana penggunaan Medan Jus (media pembelajaran jenis usaha)  dalam upaya meningkatkan kualitas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS. Terkait dengan hal tersebut masalah yang akan kami teliti adalah: Bagaimana penerapan Medan Jus (media pembelajaran jenis usaha) untuk meningkatkan kualitas dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS?

C.      Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan Medan Jus (media pembelajaran jenis usaha) untuk meningkatkan kualitas dan hasil belajar siswa kelas V.
Manfaat penelitian ini bagi, (1) Peneliti, menambah pengetahuan tentang penggunaan media pembelajaran yang baik dan berkualitas. (2) Guru, sebagai alternatif media yang dapat digunakan untuk menjelaskan materi jenis usaha bidang ekonomi. (3) siswa, untuk mempermudah siswa untuk memahami materi IPS khusunya materi jenis usaha bidang ekonomi.

4 komentar: