Kamis, 02 Mei 2013

KEBUTUHAN AIR DALAM KEHIDUPAN


A.           Sifat-Sifat Air
Air merupakan zat essensial bagi kehidupan di bumi agar organisme dapat bertahan hidup. Air mengandung zat larut didalamnya seperti unsur hara yang bermanfaat bagi makhluk hidup, maka dari itu air menjadi sumber daya alam yang penting di planet ini. Air memiliki rumus kimia  H2O dan memiliki sifat yaitu tidak berwarna, tidak berbau, serta tidak berasa. Air juga merupakan pelarut paling universal, hal ini dikarenakan molekul air terdiri dari dua atom hidrogen bergabung dengan satu atom oksigen pada sudut 1050. Berdasarkan struktur tersebut menjadikan molekul air memiliki muatan positif pada atom hidrogen dan muatan negatif pada atom oksigen.

B.            Distribusi Air di Alam
Manusia pada hakikatnya hidup di planet air, hal ini dikarenakan 70% permukaan di bumi dikelilingi oleh air. Air terdapat di lapisan bumi yang disebut hidrosfer. kandungan air hidrosfer diduga mencapai 1,4x1018 ton. Sebagian besar yaitu 98% berupa benda cair (1,356x109 km3), selebihnya berwujud gas sebanyak 0,001% (1,300x104 km3) dan berwujud air beku sebanyak 97,4% (1,348x109 km3). Dari keseluruhan air yang berwujud benda cair, sebagian besar berupa air asin diduga sebanyak 97,4% (1,348x109 km3) terdapat di lautan, danau asin dan rawa asin, serta payau. Persediaan air tawar hanya sebesar 2,6% atau 3,602x107 km3.

C.           Manfaat Air bagi Kehidupan
Air merupakan zat essensial bagi kehidupan organisme, mulai dari organisme uniseluler sampai organisme multiseluler. Semua organisme memerlukan air dikarenakan hampir semua tubuh  organisme terdiri air. Air juga media pengangkutan yang ideal bagi molekul-molekul dalam tubuh organisme dikarenakan air pelarut yang kuat dan tanpa mempengaruhi struktur molekul terlarut. 

D.           Air dan Kelangsungan Hidup Manusia
Air adalah komponen yang sangat dibutuhkan tubuh. Keberadan air ternyata lebih dari sekedat menghilangkan rasa haus tetapi dapat membuat berbagai sistem yang terdapat dalam tubuh kita bekerja secara optimal. Sistem tubuh yang dimaksud adalah :
1) Menjaga elastisitas dan kelembutan kulit serta mencegah kekeringan, 2) Melindungi dan melumasi gerakan sendi dan otot, 3) Menjaga kestabilan suhu tubuh, 4)  Membersihkan racun pada ginjal dan hati, 5) Menstabilkan pembuangan (konstipasi) pada kerja sistem pencernaan, 6) Memenuhi kebutuhan cairan tubuh, 7) Meminimalkan resiko serangan jantung, 8) Meminimalkan resiko infeksi organ dalam tubuh, dan 9) Memulihkan kondisi tubuh.

E.            Air untuk Menunjang kehidupan Manusia
Konsumsi air tawar  pada komunitas manusia bertambah sejalan dengan perkembangan budaya dan kemajuan teknologi. Manusia paling sedikit menggunakan air 150 liter per hari per orang. Dari sejumlah itu 100 liter untuk keprluan MCK, sedangkan 50 liter digunakan untuk keperluan lain seperti menyiram dan mencuci perabotan rumah tangga.
Semakin banyak jumlah penduduk, maka semakin meningkat pula kebutuhan akan air. Hal ini berarti persediaan air juga akan semakin terbatas. Di satu sisi terdapat masyarakat yang mengalami kesulitan memperoleh air bersih untuk kehidupan sehari-hari, sementara di sisi lain terdapat penggunaan air secara berlebihan tanpa memperhatikan kebutuhan generasi mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar