Pengertian : strategi ini baik digunakan
untuk menggairahkan kemauan peserta didik untuk mengajarkan materi kepada
temannya. Jika selama ini ada pameo yang mengatakan bahwa metode belajar yang
paling baik adalah dengan mengajarkan kepada orang lain, maka strategi ini akan
sangat membantu peserta didik di dalam mengajarkna materi kepada teman-teman
sekelas.
Langkah-Langkah
:
1.
Bagi peserta didik menjadi
kelompok-kelompok kecil sebanyak segmen materi yang akan anda sampaikan.
2.
Masing-masing kelompok kecil diberi
tugas untuk mempelajari satu topik materi, kemudian mengajarkannya kepada
kelompok lain. Topik-topik yang diberikan harus saling berhubungan.
3.
Minta setiap kelompok menyiapkan
strategi untuk menyampaikan materi kepada teman-teman sekelas. Sarankan kepada
mereka untuk tidak menggunakan metode ceramah atau seperti membaca laporan.
4.
Buat beberapa saran, seperti :
—
Menggunakan alat bantu visual
—
Menyiapkan media pengajaran yang
diperlukan
—
Menggunakan contoh-contoh yang relevan
—
Melibatkan sesama peserta didik dalam
proses pembelajaran melalui diskusi, permainan, kuis, studi kasus dll
—
Memberi kesempatan kepada yang lain
untuk bertanya
5.
Beri merka waktu yang cukup untuk
persiapan, baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
6.
Setiap kelompok menyampaikan materi
sesuai tugas yang telah diberikan.
7.
Setelah semua kelompok melaksanakan
tugas, beri kesimpulan dan klarifikasi sekiranya ada yang perlu diluruskan dari
pemahaman peserta didik.
Daftar
Pustaka
Zaini, Hisyam. Bermawy Munthe. Sekar Ayu
Aryani. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD (Center for
Teaching Staff Development).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar